Adsense 15 x 800

Mencegah Bau Pengap dalam Rumah

Oleh kang rohiem Jumat, 13 Juli 2012 0 komentar
“Rumahku Istanaku”, kata ini sudah menjadi pameo yang melekat di telinga kita. Hal itu benar adanya, karena kemanapun kita pergi pasti pada akhirnya kita kembali ke rumah bukan! Merupakan sebuah kenyamanan tersendiri jika kita pulang ke rumah sehabis bepergian atau kerja. Namun, bagaimana kalau ketika tiba di rumah mendapatkan suasana yang tidak enak! Tentu hal itu sangat mengganggu.
Seperti bau pengap di dalam rumah, kita tentunya mendambakan suasana rumah yang segar atau harum udaranya. Dengan bau pengap di dalam rumah tentunya sangat menjengkelkan, terlebih jika kita meninggalkan atau mengosongkan rumah dalam waktu lama baunya akan semakin terasa.
Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips mencegah bau pengap dalam rumah, untuk itu langsung saja kita ke topic.
  1. Untuk menetralkan udara kotor di dalam rumah bisa dilakukan dengan pertukaran udara dari luar dan masukna cahaya matahari kedalam ruangan, untuk itu bukalah semua semua saluran udara seperti pintu, jendela, dan sebagainya selama beberapa jam. Hal ini bisa sobat lakukan sambil memanfaatkan waktu hari libur dan istirahat di rumah.
  2. Bau pengap bisa bersumber dari kuman, untuk itu dapat dilakukan dengan mencegah kuman hidup dan berkembangbiak di dalam rumah, caranya dengan membersihkan kotoran, debu dan tempat-tempat bersarang kuman lainnya. Untuk membersikan debu di karpet saya sarankan menggunakan vacum cleaner, sedangkan untuk membersihkan debu di bejana dan benda keras sobat bisa gunakan lap yang dibasahi kemudian diperas, setelah itu di lap lagi dengan lap yang bersih dan kering untuk membersihkan sisa-sisa debunya, karena jika hanya menggunaka lap basah air akan membuat sebagian debu tetap menempel pada bejana tersebut.
  3. Bau pengap juga bisa disebabkan oleh jamur, jamur akan tumbuh pada suasana lembab. Oleh karena itu periksa rumah sobat dari genangan air, rembesan di tembok atau lantai, atap yang bocor serta kondisi lainnya yang menjadikan udara dalam ruangan lembab.
  4. Untuk menghilangkan bau pengap sobat juga bia menggunakan kopi (gunakan kopi tubruk jangan kopi + gula… tar malah disemutin) tabur bubuk kopi pada wadah tanpa di tutup, letakan pada tempat yang diinginkan untuk menetralisir bau, maka kopi akan menghilangkan bau tak sedap pada ruangan. Untuk menghilangkan bau bangkai, sobat taburkan bubuk kopi pada tempat peyebabkan bau maka bau akan segera hilang. Sebagai referensi penelitian Teresa J Bandosz, ahli Kimia dari City University of New York, dipublikasikan The Journal of Hazardous Materials menemukan bahwa ampas kopi yang diubah menjadi karbon teraktivasi mampu menyerap sulfur penyebab bau tak sedap pada limbah dengan sangat baik (http://sains.kompas.com).
  5. Terakhir, gunakan pengharum ruangan untuk menambah kesegaran rumah dan kenyamanan sobat, sobat bisa menggunakan aroma sesuai selera. Bisa menggunakan pewangi jenis semprot, temple, gantung atau pengharum ruangan elektrik.
Demikian tips mencegah bau pengap dalam rumah saya, semoga tulisan ini membantu sobat yang memiliki masalah dengan bau pengap. Pada tips ke 4 bisa sobat terapkan dimana saja, bisa untuk mengatasi bau dalam ruangan, lemari, teras rumah, halaman, dan lainnya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar